Statistik-r 1

Pelatihan ini akan membahas mengenai dasar ilmu statistik dan aplikasinya dengan menggunakan program R. Pembahasan terhadap ilmu statistik akan dilakukan secara detail dan mendalam, mulai dari konsep probabilitas, pendugaan parameter, termasuk nilai konfiden interval hingga pengujian hipotesis sehingga peserta mampu memahami setiap output yang dihasilkan. Ilmu statistik yang akan dipelajari pada pelatihan ini dikhususkan untuk data-data hasil pengukuran (numerik).

Materi dirancang bagi anda yang ingin memahami statistik secara detail, khususnya bagi para peneliti dan pengajar metodologi penelitian. Sangat disarankan peserta dalam pelatihan ini mereka yang memiliki  sedikit pemahaman mengenai ilmu statistik.

Seluruh materi statistik yang dipelajari akan diaplikasikan dengan menggunakan software R, sehingga peserta akan lebih memahami materi yang diberikan. Program R merupakan salah satu program open source (Free) yang digunakan untuk melakukan Analisa Statistik.  R pertama kali diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman, Statistikawan kebangsaan Selandia Baru, (- nama R berasal dari huruf pertama nama depan kedua orang ini-). Kini R dikembangkan sebagai upaya kolaborasi pakar-pakar Statistikawan dan komputer di seluruh dunia. Hal ini yang menjadikan program R sebagai alat Analisa Statistik yang cukup handal dan lengkap.

Target Pelatihan:

  1. Peserta dapat mengenal struktur program R.
  2. Peserta dapat mengoperasikan program R untuk analisa statistik.
  3. Peserta memahami dasar-dasar ilmu statistik untuk measurement data & pengujian statistik yang dilakukan
    .

Lama Pelatihan :

2 hari, @ 360 menit

Referensi :

  • Walpole, R .E.  and R. H. Myer. 1989. Probability and statistics for engineers and scientists. Fourth edition. Macmillan Publising Co, Inc
  • M. R. Spiegel, J. Schiller, R. A. Srinivasan.2002. Probabilitas Dan Statistik. Schaum’s
  • A. A. Mattjik, I Made S. J. 2006. Perancangan Percobaan.  IPB Press

Biaya Pelatihan:

  • Akademisi                : Rp    2.200.000,-
  • Profesional               : Rp   3.000.000,-

Silabus:

statistika 1