Statistik dengan Stata 1

Program STATA merupakan salah satu program aplikasi statistik yang banyak digunakan dewasa ini. Buku-buku referensi terbaru dari berbagai bidang ilmu banyak menggunakan program STATA dalam membahas tema statistik yang menyertainya. Kelebihan dari program STATA dibandingkan program statistik lain diantaranya KELENGKAPAN ANALISIS STATISTIK yang disediakan serta kemudahan dalam pengoperasian khususnya dalam penggunaan Sintax yang sangat sederhana. Kemampuan dari program STATA diantaranya untuk melakukan manajemen data, analisa statistik, pembuatan grafik, melakukan analisa simulasi dan custom programming.  Bidang yang banyak menggunakan program STATA diantaranya Ekonomi,  Sosiologi, Politik, Epidemiologi dan Biomedik. STATA menjadi salah satu referensi program Statistik di berbagai lembaga dunia seperti WHO, World Bank, USAID, dll.

Pelatihan ini membahas mengenai penggunaan software STATA untuk melakukan berbagai analisis STATISTIK secara Komprehensif, mulai dari cara Input Data, Import dan Export Data, Menajemen Data, Melakukan Analisa dan Membaca Output Analisis.  Tidak lupa berbagai teori Statistik akan banyak dibahas, namun dengan pendekatan studi kasus sehingga akan sangat mudah dipahami oleh para peserta. Akan diperkenalkan konsep analisis model logit serta aplikasinya. Selain konsep VARIABEL MODERATOR (Model Interaksi) pada model logit akan dibahas secara detail.

 

Target Pelatihan :

  1. Peserta memahami berbagai metode analisis statistik.
  2. Peserta memahami langkah-langkah pengujian statistik (termasuk pemahaman terhadap tingkat signifikan dan perhitungan nilai confidence interval)
  3. Peserta memahami prosedur pengujian statistik serta memilih prosedur uji statistik yang tepat yang didasarkan pada sifat data yang dimiliki.
  4. Memahami asumsi-asumsi dalam pengujian statistik.
  5. Peserta mampu mengoperasikan program STATA untuk proses manajemen data, pembuatan grafik dan tabel.
  6. Peserta mampu mengaplikasikan berbagai teori statistik yang dipelajari dalam program STATA

 

Lama Pelatihan :

2 hari, @ 420 menit

Biaya Pelatihan :

Mahasiswa & Dosen           : Rp 2.200.000,- (termasuk PPN 11%)
Umum & Profesional           : Rp 3.000.000,- (termasuk PPN 11%)

Referensi :

  • Walpole, R .E.  and R. H. Myer. 1989. Probability and statistics for engineers and scientists. Fourth edition. Macmillan Publishing Co, Inc
  • Thomas P. Ryan. 1997. Modern Regression Methods. John Wiley & Sons, Inc
  • Levin, R. I. and D. S. Rubin. 1994. Statistics For Management.  Prentice-Hall, Inc
  • Hamilton, Lawrence C.  2003. Statistics With Stata. Thomson Learning

Sylabus :