Analisa Variabel Moderating Kategorik

Variabel female adalah variabel dummy yang berkode nol/satu, dimana female=1 dan male=0. Adapun variabel kontinu socst yang merupakan nilai standar dari test pelajaran sosial akan dilihat pengaruhnya terhadap skore write dimana female sebagai variabel moderator yang berbentuk kategori.  Data yang digunakan “hsbdemo.sav.      ( Link data : hsbdemo.sav )

Kemudian ingin dilihat garis regresi antara female dan male dengan menggunakan sintax berikut:

Tampak bahwa garis regresi antara male dan female tidak sejajar, hal ini menunjukan adanya interaksi gender dengan socst. Garis regresi untuk female cenderung slopenya lebih rendah jika dibandingkan dengan male dimana pada nilai socst rendah terlihat adanya perbedaan nilai write antara male dengan female. Seiring dengan meningkatnya nilai socst maka perbedaan tersebut semakin tidak nampak.

Koefisien female=15, yang artinya rata-rata skore write female lebih tinggi 15 jika dibandingkan dengan male. Sedang koefisien socst 0.6247 yang merupakan slope socst dari male. Untuk koefisien interaksi female dengan socst -0.2047 merupakan perbedaan rata-rata slope socst antara male dan female. Sehingga untuk mengetahui slope socst dari female adalah 0.6248-0.2047= 0.4201

Untuk mengetahui slope socst antara male dengan female dapat juga dengan menggunakan perintah margin

Ingin dilihat perbedaan slope antara male dan female pada bentuk tabel di beberapa nilai socst mulai dari 25 sampai dengan 70 dengan penambahan 5 nilai.

Informasi tabel analisanya menunjukan nilai write pada berbagai nilai socst, contoh nilai write male pada socst=25 adalah 33.38182, sedangkan untuk write female adalah 43.26361. Perbedaan antara male dan female  43.26361 – 33.38182 = 9.88179. Untuk melihat perbedaan nilai write pada beberapa nilai socst antara male dan female dapat juga digunakan perintah margin dengan menulis perintah dydx pada option.

Kemudian akan kita buat grafik perbedaan dengan nilai confiden intervalnya dengan  perintah marginsplot.

Dapat dilihat bahwa perbedaan antara male dan female terlihat signifikan pada nilai socst dibawah 60.  Hal ini sejalan dengan garis regresi antara male dan female, dimana nilai socst dibawah 60 maka terlihat adanya perbedaan gap garis dan semakin besar perbedaannya semakin mengecil.

Kesimpulannya semakin kecil nilai socst maka akan semakin terlihat perbedaan nilai write antara male dan female dan semakin besar nilai socst semakin tidak menampakan perbedaannya.