«

»

Jan 03

Regresi Multinomial Logit

Regresi multinomial adalah bentuk model persamaan dengan link function berbentuk Logit dimana responnya berupa data kualitatip Nominal dengan jumlah katagorinya lebih dari dua . Ciri yang dimiliki antar katagori dari respon adalah sederajat (unordered), artinya antar katagori tidak ada tingkatanya dan sifatnya hanya berupa pembeda . Sebagai contoh variable responnya berupa kendaraan (Mobil, Motor, Sepeda dll ), wilayah (Jakarta selatan, utara, timur dll), pekerjaan (Karyawan, pedagang, guru dll) dan lain sebaginya.. Regresi multinom ini dibagi menjadi dua katagori,yaitu model logit terampat (Generalized Logit Model) dan model logit bersyarat (Conditional Logit Model). Keduanya memiliki struktur model yang sama, tetapi berbeda dalam karakteristik peubah penjelas yang digunakan. Peubah penjelas model logit terampat menggunakan karakteristik dari individu (subyek), sedang model logit bersyarat menggunakan karakteistik dari pilihan individu. Untuk menjelaskan masalah ini akan diberika beberapa ilustrasi :

1.       Ilustrasi Pertama

Misalnya kita meneliti mengenai pilihan seseorang tehadap jenis kendaraan untuk melakukan perjalanan. Data yang digunakan sebagai variable penjelas adalah waktu tempuh masing2x kendaraan dan usia siresponden, sedang variable responnya berupa jenis kendaraan yang digunakan (pesawat, kereta dan bus).

  • Disini peubah waktu digunakan sebagai PERTIMBANGAN PILIHAN SUBYEK . Model logit bersyarat menjelaskan bagaimana waktu tempuh mempengaruhi jenis kendaraan yang dipilih
  • Sedang usia merupakan KARAKTERISTIK SUBYEK. Model logit terampat menjelaskan bagaimana usia mempengaruhi jenis kendaraan yang dipilih.

2.      Ilustrasi Ke Dua

Hasil dari survey General Social Survey pada tahun 1991 (Agresti 1996, hal 169). Pertanyaan diajukan kepada orang kulit putih, dengan pertanyaan sebagai berikut :

  • Maukah anda mengatarkan anak-anak sekolah negro dan kulit putih dari satu tempat ketempat lain?
  • Jika partai anda mengajukan orang negro menjadi presiden, apakah anda akan memilihnya jika dia kualified untuk jabatan tersebut?
  • Selama beberapa tahun ini, adakah diantara anggota kelurga anda (termasuk anda) mengajak teman negro untuk makan malam bersama dengan keluarga anda?

Jawaban respon adalah 1=Ya, 2=Tidak, 3=Tidak tahu. Dari kasus diatas jawaban yang dijadikan respon adalah pertanyaan ‘b’ ,sedang pertanyaan ‘a’ dan ‘c’ menjadi variable penjelas. Pertanyaan ‘a’ dan ‘c’ merupakan karakteristik individu jadi analisa yang bias dilakukan adalah Model logit terampat.
Artikel berikunyat akan membahas contoh dari aplikasi Model Regresi Multinomial Logit Terampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>