Analisa Data Panel Dengan Eviews : Random Model 1

Data investasi 4 perusahaan US Steel, IBM, Goodyear, dan Union Oil selama periode 1935-1954 (20 tahun), sehingga total jumlah data ada sebanyak 80 data.. Data terdiri dari Y = nilai investasi, X1= nilai harga saham, dan X2=nilai aktual kapital diawal periode.

Model UMUM : lnYit = β0 + β1lnX1ij+ β2lnX2ij+eit

Ada 3 model yang dapat digunakan untuk menganalisa:

I. Common Effect

II. Fixed Effect

III. Random Effect

 

MODEL RANDOM

Model ini mengasumsikan bahwa antar perusahaan memiliki pengaruh yang berbeda-beda.

Model Random  :

random

Intersep karena perbedaan perusahaan β0i diganti dengan intersep yang menunjukan rata-rata intersep populasi.Error model (Vit) terdiri dari Error karena Crossectional perbedaan perusahaan (µi) dan karena Error total kombinasi antara Corssectional dan Time Series (eit)

 

Prosedur 

 

Prosedur ini digunakan untuk data yang disusun secara seri (data dalam satu variabel disusun kebawah)

I.  Quick ==> Estimate Equation..

 

Panel1

 

Akan Muncul Jendela Menu Berikut

 

Pada Jendela Specification” tulis model persamaan modelnya sebagai berikut:

LOG(Y) C LOG(X1) LOG(X2)

Panel2

Klik Jendela Panel Option

Pada Cross-section pilih Random

Pada Period pilih None

(Catt: Prosedur yang dilakukan mengasumsikan pada Model terjadi perbedaan intersep antar perusahaan/faktor crossetional yang terjadi secara Random.dimana intersep yang terbentuk nantinya merupakan nilai rata-rata dari semua intersep. Syarat untuk melakukan analisa model random jumlah objek crosectional/perusahaan harus lebih besar dari jumlah parameter yang diduga, pada kasus ini sudah memenuhi syarat karena ada 4 perusahaan sedangkan parameter yang diduga ada 3)  

 

Panel8

 OUTPUT

Panel9

 Dari hasil analisa diperoleh bahwa secara  umum nilai Harga Sahan (X1) berpengaruh positif  (koefisien = 0.608437) terhadap Nilai Investasi  (Y) dengan P-value 0.000, artinya bahwa kenaikan 1% pada Nilai Harga Saham akan meningkatkan 0,60,8% Investasi. Demikian pula dengan Nilai Aktual Kapital diawal Periode (X2) berpengaruh positif (koefisien = 0.341992) terhadap Nilai Investasi  (Y) dengan P-value 0.000, artinya kenaikan 1% Kapital akan meningkatkan 34,1% Investasi. Nilai Intersep (c) -1.185062 merupakan nilai rata-rata dari komponen kesalahan random (random error component)

 

 

Download Data Latihan Klik Disini